Kamis, 07 Januari 2010

laporan kegiatan

LAPORAN HASIL KEGIATAN
FORUM KARANG TARUNA
KECAMATAN PONDOK KELAPA




PEMERINTAH KABUPATEN BENGKULU TENGAH
KECAMATAN PONDOK KELAPA
FORUM KARANG TARUNA
2009

LAPORAN KEGIATAN AKSI SOSIAL
PEDULI GEMPA SUMBAR

1. latar belakang
Bencana merupakan hal yang tidak dapat kita hindari. Akan tetapi apabila bencana terjadi kita punya tanggung jawab untuk membantu memulihkan dan meringankan penderitaan saudara-saudara kita pasca gempa.
Gempa di SUMBAR dan sekitarnya telah banyak menyisakan penderitaan baik moril dan materil. Oleh Karen itu Karang Taruna sebagai salah satu organisasi sosial punya tanggung jawab yang besar untuk membantu penderitaan saudara-saudara kita yang tertimpa bencana.
Forum Karang Taruna Kecamatan Pondok Kelapa mengambil suatu inisiatif untuk membantu saudara-saudara kita di SUMBAR dengan membentuk aksi sosial pengalangan dana bantuan.
Melalui kegiatan ini Forum Karang Taruna Kecamatan Pondok Kelapa diharapkan dapat meringankan penderitaan warga SUMBAR dan sekitarnya dengan mengirimkan dengan mengirim bantuan berupa uang dan relawan.
Selain daripada itu kegiatan ini juga dimaksudkan agar warga masyarakat dapat melihat perkembangan Karang Taruna sekarang sudah sangat maju, Karang Taruna tidak lagi hanya berorientasi pada kegiatan olahraga, seni, dan pemberdayaan tapi juga pada kegiatan yang membangun jiwa sosial.

2. Nama kegiatan
“ Aksi sosial peduli gempa SUMBAR “

3. Waktu dan tempat
1. Pengalangan dana
Hari/tanggal : 3 – 6 Oktober
Tempat : wilayah Kecamatan Pondok Kelapa


2. Pengiriman Relawan
Hari/tanggal : 10 – 15 Oktober 2009
Tempat : Desa Malai III Koto, Kecamatan Sungai Geringging, Pariaman

4. Peserta Aksi
Adapun peserta kegiatan ini adalah keluarga besar Forum Karang Taruna Kecamatan Pondok Kelapa dan para pemuda yang peduli. Selain itu ada juga Karang Taruna desa yang ikut berpartisipasi langsung, yaitu :
1. Karang Taruna Desa Panca Mukti
2. Karang Taruna Desa Sri Kuncoro
3. Karang Taruna Desa Talang Pauh

5. Hasil
Adapun hasil yang didapat yaitu :
1. Moril
Kegiatan ini dapat membangkitkan semangat persatuan dan kepedulian terhadap orang lain, dan adanya rasa kekeluargaan yang kuat sesama warga negara Indonesia.
Selain itu kami mendapat sambutan yang hangat dari pemerintah Kecamatan setempat. Pada kesempatan itu kami di dampingi oleh Pak Hanimchan sebagai Camat Sungai Geringging.
2. Materil
Secara materil hasil yang didapat adalah :
a. Aksi sosial langsung : Rp.910.000*
b. Sumbangan Karang Taruna Desa Panca Mukti : Rp.870.000
c. Sumbangan Karang Taruna Desa Sri Kuncoro : Rp.410.000
d. Sumbangan warga Talang Pauh : Rp.90.000 +
Jumlah : Rp. 2.228.000
Ket : * Pendapatan bersih

Uang yang disumbangkan kepada warga Padang sebesar Rp.2.000.000. sisanya dipergunakan untuk memberi tali kasih kepada Koordinator, dokumentasi, pembuatan laporan kegiatan yang ditujukan kepada Instansi sosial Kecamatan, Ketua Forum Karang taruna ( sbg pertinggal ), Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Tengah, Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, dan Karang Taruna Desa Yang ikut berpartisipasi.

6. Harapan
1. Kegiatan ini dapat memberikan manfaat
2. Adanya kegiatan yang lain untuk dapat membantu saudara-saudara kita di SUMBAR

Demikian laporan kegiatan ini dibuat sebagai mana mestinya, dan dapat dipergunakan sebagai pertanggung jawaban serta peruntukannya.


Pondok Kelapa 19 Oktober 2009

Ketua Forum Karang Taruna
Kec.Pondok Kelapa Koordinator Aksi


Syamsuri Tomy Suryedi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar